Search site


Contact

Kabargarut
Riani indah, jl raya Cibatu Garut, Cibatu Garut 44185

Telp.
0262 482 00 52
085 221 852 852

E-mail: kabar_garut@yahoo.com

Pelaksanaan Program E-KTP Garut Kendala Alat, 9 Kecamatan Belum Bisa Berjalan

23/10/2011 15:42

Kasi Pemerintahan Ayat Hidayat, Sedang Memperlihatkan Perlatan (FIQ)

 

GARUT, KABARGARUT,-

Hingga saat ini beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Garut, Jawa Barat, masih belum siap melaksanakan Program E-KTP secara bersamaan. Beberapa Kecamatan yang belum siap melaksanakan  E- KTP itu diduga karena terkendala peralatan yang belum juga bis di fungsikan.

Salah satu Kecamatan Kersamanah hingga sekarang belum juga bisa melaksanakan pembuatan KTP. Pihak kecamatan belum bisa melayani pembuatan KTP Elektronik itu karena hingga saat ini alat yang diterimanya belum jalan.

Berdasarkan informasi yang diperolah dari Camat Kersamanah Drs Hermawan yang didampingi Kasi Pemerintahan Ayat Hidayat, mengatakan pihaknya belum bisa melaksanakan pelayanan E-KTP, karena peralatan  yang diterimanya sama sekali belum bisa dioperasikan.  Pihaknya sendiri terus melakukan upaya agar peralatan itu segera bisa dipungsikan bersama pendamping  E -KTP kecamatan dan Kabupaten namun hingga saat ini belum berhasil sehingga program ini harus ditunda sampai ada perbaikan dari pihak korsosium.

Pihaknya sendiri telah melaporkan rusaknya sarana E- KTP ini ke Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil untuk ditindak lanjuti ke pusat dan pihak pelaksana  agar program E-KTP segera digulirkan.pihak pemerintah Kecamatan sendiri ingin segera menggulirkan program ini untuk kebutuhan masyarakat dan selalu ditanyakan warga karena Kecamatan tetangga terdekat yaitu Kecamatan Malangbong sudah digulirkan.

Belum adanya kesiapan sarana pihaknya juga belum bisa membagikan undangan untuk pembuatan E-KTP itu, karena kalau undangan itu dibagikan khawatir warga berbondong –bondong datang sementara sarananya belum siap beroprasi. Kata Camat jumlah hak KTP di Kecamatan Kersamanah sekitar 17600 orang.     

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten  Garut Drs H Darsani M.Si , saat dikonfirmasi Kabargarut melalui Hp-Nya, mengungkapkan, dari 42 kecamatan dikabupaten Garut, ada 9 kecamatan dinyatakan belum siap melakasanakan program ini sedangkan yang lainnya sudah siap. 

Dijelaskan Darsani, dari 33 Kecamatan yang dinyatakan siap ada juga  beberapa kecamatan yang masih melakukan uji coba dan simulasi untuk bisa langsung melayani E-KTP diharapkan yang belum siap itu secepatnya teratasi guna suksesnya program ini. guna cepatnya program ini berjalan semua pihaknya telah mengirim surat ke pusat  melalui pendamping kabupaten  .

Dia menambahkan, melihat kondisi tersebut, target  kabupaten Garut menerpakan program E-KTP hingga Desember 2011, kemungkinan tidak bisa direalisasikan. kemungkinan besar program E-KTP baru bisa serentak direalisasikan pada 2012 nanti.(FIQ)