Search site


Contact

Kabargarut
Riani indah, jl raya Cibatu Garut, Cibatu Garut 44185

Telp.
0262 482 00 52
085 221 852 852

E-mail: kabar_garut@yahoo.com

Kondisi Bangunan Sangat Memprihatinkan Siswa SDN Citeras 1, Belajar Di Bawah Ruangan Kelas yang Tidak Beratap

13/10/2011 19:20

GARUT, KABARGARUT,-

Bangunan Sekolah Tanpa Atap SDN Citeras 1 Kec. Malangbong (Foto: FIQ)

Akibat tidak pernah mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah, program Dana Alokasi Khusus (DAK), sekolah SDN Citeras 1, Kecamatan Malangbong, yang telah berdiri puluhan tahun yang lalu. Sebanyak 4 ruangan kelas kini kondisinya sangat memprihatinkan, selain bagian dindingnya sudah mengalami retak, bangunan ini juga pada bagian atapnya sudah tidak lagi di tutupi, sehingga setiap siswa melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) harus rela terkena debu yang keluar dari bagian atap.

 

Seperti yang di ungkapkan Kepala Sekolah SDN Citeras 1, Ai Rusmini, pada Kabar Garut, Kamis (13/10), dirinya mengatakan, keempat ruangan kelas ini sudah lama kondisinya sangat memprihatinkan, selain bagian dindingnya sudah pada retak juga pada bagian atapnya pun sudah tidak di tutupi, sehingga bagian rangka bangunannya terlihat. Ungkapnya.

 

Dikatakan Ai, kalau setiap kegiatan belajar mengajar (KBM), berlangsung banyak siswa yang ketakutan tertimpa rangka bangunan, namun hal itu sudah tidak bisa di pungkiri lagi, mau dimana siswa belajarnya, makanya saya sering menginstruksikan agar selalu berhati-hati dalam setiap melaksanakan KBM. Ujarnya.

 

Diakui Ai, sejak berdirinya sekolah ini, pihaknya belum sama sekali menerima bantuan dari pihak pemerintah, kendati di lingkungan Dinas Pendidikan banyak program untuk dapat memperbaiki ruangan belajar, seperti DAK, dan program lainnya.

 

“Sengaja kami biarkan, soalnya dan dari mana kami biasa melakukan perbaikan, sedangkan pihak sekolah pun dengan adanya bantuan dana BOS, sudah tidak lagi diperbolehkan melakukan pungutan”.

 

Sementara, Kepala UPTD Pendidikan Kec. Malangbong, Drs. Muhaimin, saat dikonfirmasi di ruangan kerjanya, mengatakan, pihaknya telah mengajukan ke pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, sekolah mana saja yang menjadi skala prioritas mendapatkan bantuan untuk perbaikan ruang kelas, termasuk sekolah SDN Citeras 1. Ungkapnya.

 

“Kami telah mengajukan ke pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, sekolah-sekolah yang menjadi skala prioritas mendapatkan bantuan DAK”.

 

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari lingkungan dinas Pendidikan Kabupaten Garut, ternyata untuk kecamatan Malangbong yang mendapatkan bantuan tahun sekarang sebanyak 18 sekolah termasuk SDN Citeras 1. Pungkasnya. (FIQ)