Search site


Contact

Kabargarut
Riani indah, jl raya Cibatu Garut, Cibatu Garut 44185

Telp.
0262 482 00 52
085 221 852 852

E-mail: kabar_garut@yahoo.com

Kilas Balik Berdirinya Stasiun Cibatu

13/10/2011 12:33

Statiun Cibatu Tempo Doeloe (Dok. Bambang Fouristian)

        Tatkala beberapa gedung  peninggalan  tempo doeloe atau peninggalan kolonial Belanda di negeri tercinta ini telah tergantikan dengan  rumah serta sarana perkantoran sentuhan tangan-tangan arsitektur gaya modern. Namun tidak, bagi Stasiun Kereta Api (KA)  Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Bangunan tersebut nampak berdiri  kokoh tak tergoyahkan dengan perkembangan zaman era globalisasi dewasa ini.

        Adapun perbaikan/renovasi yang dilakukan, seputar penggantian warna cat dan sudut-sudut kecil yang tidak  begitu berarti. Begitupun bangunan  Dipo Lokomotif (tempat perbaikan dan pemeliharaan lokomotif  uap). Keutuhannya masih tertata apik.  

       Lebih  dari itu, sejak  didirikan  tahun  1889, kemudian  diresmikan sebagai  jalur transfortasi  penghubung antara Stasiun Cicalengka-Cilacap, oleh Staatssspoorwegen pemilik maskapai Kereta Api kebangsaan Belanda saat itu. kemudian tahun 1926 terjadi pembukaan jalur baru penghubung  stasiun Cibatu- Stasiun Cikajang. Fungsi dari gedung  tetap  sebagai tempat transit sarana transfortasi kebanggaan masyarakat Garut.

        Namun sayang, akibat pergeseran animo masyarakat yang terjadi, terutama semenjak sarana tranfortasi dibeberapa titik perkotaan marak dibuka dengan kendaraan roda empat. Terhitung dari tahun 1967,  jalur KA jurusan Cibatu-Cikajang ditutup pihak  PJKA (Sekarang PT KAI-red).

        Penghentian jalur itu kata Abah (82), warga kecamatan Cibatu, diperkirakan  tahun 1983. “Pokoknya sejak mobil dan jenis angkutan umum dibeberapa titik wilayah perkotaan muncul, operasi KA ke daerah itu  dihentikan. Alasan utamanya mungkin karena berkurangnya masyarakat pengguna jasa angkutan kearah itu, pihak PT KAI merugi,“ terangnya seraya menambahkan jika seiring dengan itu, dipo lokomotif tidak lagi beroperasi sebagai dipo lokomotif utama, akan tetapi  berubah menjadi sebagai sub dipo.

          Sebagaimana diketahui, di-era kolonial Belanda, Stasiun Cibatu merupakan stasiun primadona dengan kereta uapnya “ Si Gombar “. Bahkan stasiun itupun  kerap menjadi transitnya wisatawan mancanegara  yang hendak berlibur ke beberapa wilayah di Kabupaten Garut.

Dalam buku Seabad Grand Hotel Preanger tahun1897-1997 yang ditulis oleh Haryoto Kunto, tercatat. Nyaris setiap hari, antara tahun 1935-1940 halaman parkir  stasiun Cibatu, berjejer sesak oleh kendaraan roda empat berupa taksi dan limousine serta  jenis kendaraan mewah lain milik hotel-hotel ternama di Kabupaten Garut. Diantaranya  Hotel Papandayan, Vila Dolce, Hotel Belebedre, Hotel Van Hengel, Hotel Bagendit, Villa Pautine, dan Hotel Grand Ngamplang. Dimana saat itu, daerah Garut dengan kondisi alamnya yang indah merupakan daerah pavorite para wisatawan  dari berbagai belahan penjuru dunia.

          Bahkan di tahun 1927, komedian legendaris Charlie Chaplin, sempat menginjakan kakinya di stasiun  Cibatu. Saat itu, Charlie Chaplin bersama Artis Mary Pickford  dalam perjalanan liburan ke beberapa obyek wisata kabupaten Garut.

Selain itu,  tokoh ternama  lain yang sempat singgah  di stasiun Cibatu, Georges Clemenceau, pendiri koran LA Justice (1880), L’Aurore (1897), dan L’homme Libre pada tahun 1913, sekaligus penulis politik terkemuka. Dimana Clemenceau, sendiri pernah  menjadi perdana menteri Prancis selama dua periode, yakni antara tahun 1906-1909 dan tahun 1917-1920.

        Buku itupun mencatat, tidak saja  tokoh manca negera. Pasca kemerdakaan Republik Indonesia yakni  tahun 1946, beberapa tokoh nasional termasuk Presiden  pertama, Ir. Soekarno pun sempat berkunjung ke stasiun Cibatu. Dalam rangkaian perjalanan menggunakan KA luar bisa  melalui jalur selatan, beliau  sempat singgah stasiun - stasiun  kecil, termasuk stasiun Cibatu  untuk  memberikan pidato kenegaraan dibeberapa wilayah yang dilewatinya.

        Secara geografis, stasiun Cibatu berada persis di ketinggian daratan 612 meter juga merupakan satu-satunya sarana transit KA yang  masih beroperasi di daerah Garut.

        Seiring dengan perkembangan jaman Satsiun Cibatu juga menjadi sebuah Stasiun yang menghubungkan beberapa  provinsi di Indonesia. Namun hingga saat ini pemerintah Kabupaten Garut sendiri, belum mampu mengupayakan agar seluruh KA dari berbagai jurusan bisa berhenti di stasiun Cibatu. Belakangan malah muncul rencana, pihak PT KAI tidak akan menghentikan KA dari semua jurusan, kecuali KA arah Cibatu – Purwakarta.

           Berbeda semasa Bupati terdahulu, H. Agus Supriadi, berencana Stasiun Cibatu, dijadikan Stasiun terbesar se-Priangan Timur. Artinya, semua kereta api mesti berhenti di stasiun tersebut.

(Bambang Fouristian)