Search site


Contact

Kabargarut
Riani indah, jl raya Cibatu Garut, Cibatu Garut 44185

Telp.
0262 482 00 52
085 221 852 852

E-mail: kabar_garut@yahoo.com

Peminat e-KTP, Meningkat

07/11/2011 17:09

Salah satu warga, tengah diambil sidik jarinya, oleh petugas pembuat e-KTP Kecamtan Wanaraja Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (7/11) Poto. FIQ

 

 

GARUT, KABARGARUT,-

 

Peminat pembuat KTP dengan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), atau yang lebih dikenal dengan e-KTP, di Kabupaten Garut, Jawa Barat, sangat meningkat. Hal itu terlihat berdasarkan pantauan Kabar Garut Online, di beberapa Kecamatan yang berada di wilayah Garut Utara.

 

Sejak mulai jam kerja, para peminat yang ingin membuat KTP dengan sistem baru sudah terlihat mengantri di setiap Kantor Kecamatan. Dalam pelaksanaannya sangat jauh berbeda dengan pembuatan KTP yang sebelumnya, selain dilengkapi dengan perangkat berbasis Komputerisasi, juga pembuat KTP sudah tidak bisa di wakilkan lagi. “ untuk setiap pembuat KTP dengan sistem baru, si pembuat sudah tidak bisa lagi mewakilkan. Pasalnya ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan oleh pembuat, seperti pengambilan sidik jari, tanda tangan dan Iris Mata. Ketiga tahap tersebut sama sekali tidak bisa di wakilkan”.

 

Salah satu warga pembuat KTP baru, Neni (37), warga Kampung Wanajaya Kec. Wanaraja, mengatakan, dengan sistem pembuatan KTP dengan berbasis Komputerisasi ini, pihaknya awalnya meragukan, namun setelah dirasakan sendiri ternyata pembuatannya tidak memakan waktu lama. Ujarnya.

 

Kendati dirinya harus antri cukup lama, namun untuk mensukseskan program ini, dirinya menunggu hingga mendapatkan panggilan dari pihak petugas kecamatan, menurut Neni, pembuatan KTP yang baru sangatlah berbeda dengan yang sebelumnya, setlah ditanyakan kepada petugas, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pembuatan KTP ganda. Ujarnya.

Dikatakannya, selain proses entry data dengan didukung perlengkapan yang serba canggih, diharapkan pembuatan KTP ini bisa berjalan selamanya.(FIQ)