Search site


Contact

Kabargarut
Riani indah, jl raya Cibatu Garut, Cibatu Garut 44185

Telp.
0262 482 00 52
085 221 852 852

E-mail: kabar_garut@yahoo.com

Bangunan SDN I Citeras Memprihatinkan

24/10/2011 22:39

GARUT, KABARGARUT 

Bangunan Sekolah Tanpa Atap SDN Citeras 1 Kec. Malangbong

Gedung bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Citeras 1, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut-Jawa Barat, kondisinya sangat memprihatinkan. Artinya, tempat melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) itu sudah tak layak pakai.

Tampak jelas sudah tak menggunakan langit-langit, karena lapuk dimakan waktu.  Jika dikaitkan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN) sebesar 20 persen, ternyata masih kurang menyentuh sekolah-sekolah di daerah pesisian/pinggiran kota, demikian dikatakan Aep (40) salah seorang warga setempat.

Terkait hal tersebut, Ai Komalasari Kepala SDN Citeras 1 mengatakan, bangunan sekolah dibawah garis komandonya kini dalam keadaan rusak terutama pada bagian atapnya. Namun menurutnya, dipastikan akan mendapatkan bantuan rehabilitasi gedung dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2011. Informasi tersebut dari Dinas pendidikan Kabupaten.

“ Beberapa waktu lalu, sekolah kami telah disurvai. Hanya tinggal menunggu waktu saja,” ujar Ai Komalasari menambahkan, kini keadaan sekolahnya sangat memprihatinkan. Selain kayu-kayunya sudah rapuh, juga temboknya retak-retak.

Secara terpisah, Asep, Kasubag Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Dasar Kecamatan Malangbong,  membenarkannya. SDN Citeras 1 keadaannya rusak parah. Namun, sekolah tersebut merupakan nominasi dari 19 sekolah dipastikan bakal mendapatkan bantuan pembangunan dari anggaran DAK.

Dia menjelaskan, sekolah yang telah di survai tim sebanyak 19 SDN. Diperkuat tandatangan Camat disana. " Sekolah yang telah disurvai tim dari Kabupatensebanyak 19 sekolah. Pa camat pun melayangkan surat kepada Dinas Kabupaten, agar sekolah-sekolah tersebut mendapatkan bantuan rehabilitasi anggaran DAK,” kata Asep terus terang.

(AGUS LUKMAN/BAMBANG)